HIDUP BAHAGIA TANPA PUNYA BANYAK UANG


Hah? Apa maksudnya? Hidup bahagia bukannya sudah pasti punya banyak uang? 
Jadi teringat lagu /rif yg judulnya Radja. Apakah kehidupan seperti itu yang kita anggap bahagia? Kehidupan bak seorang raja?

Ketika kita melihat hidup kita saat ini yg mungkin jauh dari itu, kita marah dan frustasi pada diri kita. Lalu kita menghukum diri kita (atau orang lain) atas kegagalan itu yg membuat kita semakin depresi atau iri dengan keberhasilan orang lain. 

Mungkin keinginan hidup kaya juga yg menjerat begitu banyak orang dalam praktek korupsi atau terjerat hutang kartu kredit akibat gaya hidup mewah yg semu.

Yang penting kita ingat adalah bahwa uang bukan segala-galanya. Kita bisa membeli banyak hal dengan uang. Tapi kita tidak bisa membeli kebahagiaan yang sejati dengan uang. Dan setelah dipikir2 ternyata kebahagiaan itu sendiri adalah kekayaan yang sesungguhnya karena semua orang di dunia ini mencari kebahagiaan.

Jadi bagaimana untuk hidup bahagia tanpa perlu memiliki banyak uang?

1. Keselarasan hati, pikiran dan perbuatan Keselarasan ini akan menolong kita untuk memiliki kedamaian di hidup kita. Katakan iya kl iya, tidak kl tidak. Keselaran hati, pikiran dan perbuatan biasa disebut dengan integritas. Integritas ini akan membuat kita hidup bahagia.

2. Bisa berkata "Cukup" Dengan berkata cukup, kita melatih diri kita untuk menerima dan menikmati apa yang kita miliki. Disini tidak berarti bahwa kita berhenti berusaha utk jd lbh baik namun disini kita belajar menikmati apa yg kita miliki di level hidup kita saat ini.

3. Belajar mensyukuri berkat Allah Percaya atau tidak, untuk hidup bahagia kita perlu belajar utk mengucap syukur atas berkat yang Tuhan berikan kepada kita. Pikirkan dengan seksama semua berkat yang kita terima sampai yang terkecil sekalipun. Lalu ucapkan syukur kepadaNya.

4. Berani menjadi dirimu sendiri
Be yourself. Tunjukkan potensi dan bakat yang kita miliki. Ketakutan adalah musuh dari keberhasilan mengembangkan potensi. Lakukan pekerjaan yang kita cintai, karena ketika tantangan datang, kecintaan itu yg akan menolong kita utk melewati dan mengalahkan tantangan tsb. Hasil kerja kita juga akan berbeda karena itu akan menunjukkan keaslian diri kita. Selanjutnya, uang yang akan datang kepada kita. 

Jadi untuk hidup bahagia tanpa punya banyak uang ternyata tidak terlalu susah ya. Hanya sesusah belajar mensyukuri apa yang kita miliki dan sesusah belajar menjadi diri kita sendiri. 

Setelah saya pikir lagi, kita semua adalah Raja / Ratu untuk diri kita sendiri. Kapan kita mau memulai dan kemana kita berakhir, itu semua tergantung dan ditentukan oleh diri kita sendiri. 

Hanya mau berkhayal jadi raja/ratu atau mau mewujudkannya dan hidup bahagia? Itu semua kembali ke diri kita masing-masing.

Comments

Popular posts from this blog

DIMANA ADA KEMAUAN, DISITU ADA JALAN

BANGKIT DARI KEGAGALAN